Di bawah ini adalah contoh dari beberapa program class serta modifikasi programnya.
Contoh program sederhana (1)
// classes example
#include <iostream.h>
class CRectangle {
int x, y;
public:
void set_values (int,int);
int area (void) {return (x*y);}
};
void CRectangle::set_values (int a, int b) {
x = a;
y = b;
}
int main () {
CRectangle rect;
rect.set_values (3,4);
cout << "Area: " << rect.area();
}
Penjelasan contoh(1)
Ada 2 permission label dalam class
CRectangle yakni:
private membernya berupa data x dan y
public membernya adalah fungsi
set_values() dan fungsi area()
Fungsi set_value() didefinisikan diluar
class sehingga harus menggunakan
tanda scope ::
Fungsi area() dideklarasikan di dalam
class
Ada 2 permission label dalam class
CRectangle yakni:
private membernya berupa data x dan y
public membernya adalah fungsi
set_values() dan fungsi area()
Fungsi set_value() didefinisikan diluar
class sehingga harus menggunakan
tanda scope ::
Fungsi area() dideklarasikan di dalam
class
Program modifikasi sederhana (1)
#include <cstdlib>#include <iostream.h>
#include <conio.h>
using namespace std;
class CRectangle {
public:
int x,y;
int area(void){return (x*y);}
};
main(){
CRectangle rect;
cout<<"Masukan nilai x= ";cin>>rect.x;
cout<<"Masukan nilai y= ";cin>>rect.y;
cout<<"Area: "<<rect.area()<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
Penjelasan modifikasi program 1:
Hampir sama dengan program 1, hanya saja di program modifikasi ini kita bisa melakukan pengiputan ketika program berjalan, caranya dengan mendeklarasikan fungsi int x dan y di dalam public membernya, karena jika kita mendeklarasikan fungsi int x dan y di luar public member maka program tidak berjalan, dikarenakan kita melakukan pengiputan data di luar program, hal ini bisa di ibaratkan seperti kita jika mau masuk ke dalam rumah orang kita harus minta izin dulu dengan yang punya rumahnya, sama saja dengan program ini kita harus meminta izin dulu ke public membernya.
mengapa set_values di hilangkan? karena kita mau melakukan pengiputan di luar program, sedangkan fungsi set_values itu untuk menetapkan pengiputan di dalam program.
Contoh Program sederhana (2)
// class example
#include <iostream.h>
class CRectangle {
int x, y;
public:
void set_values (int,int);
int area (void) {return (x*y);}
};
void CRectangle::set_values (int a, int b) {
x = a;
y = b;
}
int main () {
CRectangle rect, rectb;
rect.set_values (3,4);
rectb.set_values (5,6);
cout << "Rect area: " << rect.area() << endl;
cout << "Rectb area: " << rectb.area() << endl;
}
> Penjelasan contoh (2)
Sama dengan contoh 1. hanya ditambahkan
pembuatan beberapa objek sekaligus
Program modifikasi sederhana (2)
#include <cstdlib>
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
using namespace std;
class CRectangle {
int x,y,z;
public:
void set_values(int,int,int);
int area(void){return(x*y)/z;}
};
void CRectangle::set_values(int a, int b, int c){
x=a;
y=b;
z=c;
}
int main()
{
CRectangle recta,rectb,rectc;
recta.set_values(3,4,2);
rectb.set_values(5,6,2);
rectc.set_values(7,8,2);
cout<<"Rect area a= "<<recta.area()<<endl;
cout<<"Rect area b= "<<rectb.area()<<endl;
cout<<"Rect area c= "<<rectc.area()<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
Penjelasan program modifikasi 2:
Sama dengamn program 2, tapi di program ini menggunakan 3 variable dan setiap variable sudah mempunyai nilai yang di tentukan menggunakan set_values.
Contoh program sederhana(3)
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class p_panjang {
public:
int p,l;
int luas()
{return (p*l);}
};
main() {
p_panjang a;
a.p=5;
a.l=9;
cout<<"Luas = "<<a.luas();
getch();
}
Contoh Modifikasi program sederhana(3)1.Agar anda dapat menginputkan p dan l dari keyboard ganti instruksi :
a.p=5;
a.l=9;
dengan instruksi :
cout<<"Panjang = ";cin>>a.p;
cout<<"Luas = ";cin>>a.l;
sehingga program menjadi :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class p_panjang {
public:
int p,l;
int luas()
{return (p*l);}
};
main() {
p_panjang a;
cout<<"Panjang = ";cin>>a.p;
cout<<"Lebar = ";cin>>a.l;
cout<<"Luas = "<<a.luas();
getch();
}Jalankan program dan amati hasilnya.
Program modifikasi sederhana(3)
#include <cstdlib>
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
using namespace std;
class luas {
public:
int p,k,r;
int luasnya1(void)
{return (p*k);}
int luasnya2(void)
{return (3,14*r^2);}
int luasnya3(void)
{return (p*k)+(3,14*r^2);}
};
int main(int argc, char *argv[])
{
luas l;
cout<<"-= MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG + LUAS TABUNG =-"<<endl;
cout<<"Masukan panjang persegi: ";cin>>l.p;
cout<<"Masukan lebar persegi: ";cin>>l.k;
cout<<"Luas persegi panjang adalah: "<<l.luasnya1()<<endl;
cout<<"Masukan jar-jari tabung: ";cin>>l.r;
cout<<"Luas tabung adalah: "<<l.luasnya2()<<endl;
cout<<"Jadi.. Luas persegi panjang + Luas tabung adalah: "<<l.luasnya3()<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
Penjelasan program modifikasi 3:Di program modifikasi ini telah di tambahkan 2 fitur baru, yaitu menghitung luas tabung, lalu luas tabung tersebut di tambahkan dengan luas persegi panjang tadi, caranya dengan menggunakan 3 return dalam class dan memanggilnya di main().
Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar